Aksi Sang Kapten, Bantu Angkat Sembako Dan Papah Berjalan Nenek Renta

    Aksi Sang Kapten, Bantu Angkat Sembako Dan Papah Berjalan Nenek Renta
    Langsa - Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) TNI

    Langsa - Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) TNI ialah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

    Terlepas dari tugas pokok dan fungsi tagline "Tni manunggal dengan Rakyat" tidak hanya menjadi jargon semata di kalangan anggota Kodim 0104/Aceh Timur. Namun, slogan ini benar-benar dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab di tengah-tengah masyarakat. Sifat penolong TNI dalam menjalankan tugas dirasakan langsung oleh Nek Saniah (72) warga Dusun Alur Buaya, Gampong Sukajadi Makmur, Kecamatan Langsa Baro, Langsa.

    Diketahui Nek Saniah hadir dalam acara penyerahan sembako kepada kau dhuafa dalam rangka Kodam Iskandar Muda turut meramaikan event Bhayangkara Trail Adventure (BTA) ke-9 tahun 2022, Sabtu, 19 Februari 2022 kemarin.

    Dua Perwira Pertama jebolan Panorama 21 tahun 2012 tersebut membantu nek Saniah mengangkat paket sembako hasil pembagian dari jajaran Kodam Iskandar Muda, yang notabene sudah sangat sepuh, dan susah untuk berjalan.

    Usai kegiatan tersebut, nek Saniah hendak akan berjalan pulang, dengan cekatan 2 Danramil itu langsung membantu nenek yang renta itu, Kapten Hariono Danramil 24/Darul Ihsan mengangkat paket sembako, sedangkan Kapten Rofingi Danramil 01/Peunaron memapah nek Saniah hingga membantu naik ke atas sepeda motor, yang diantar oleh cucu perempuannya.

    Dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang prajurit, harus mengamalkan santi aji, yang bertujuan mendekatkan diri antara TNI dengan rakyat. Apalagi saat kegiatan bersama dengan masyarakat, 8 wajib TNI tersebut diamalkan dan ditunjukkan dengan segala kegiatan di program Pembinaan Teritorial (Binter), " ucap Kapten Rofingi saat di konfirmasi awak media melalui Hp, Minggu (20-02-2022).

    “Dengan berpedoman 8 wajib TNI tersebut, kami merasa beban masyarakat bisa kita bantu dan nantinya akan ringan. Karena anggota TNI berkewajiban untuk lebih manunggal bersama rakyat, ” terangnya.

    Sedangkan Kapten Hariono menambahkan, selaku aparat Negara kita memiliki aturan yang harus kita patuhi, dimana TNI merupakan Komponen utama dalam mempertahankan keutuhan NKRI. Selagi masih menjadi prajurit untuk betul-betul menghafal Santi Aji dan harus mengamalkannya, baik itu Sumpah Prajurit, Sapta Marga dan 8 Wajib TNI sebagai pedoman dalam menjalankan tugas serta untuk selalu menjaga komunikasi yang baik dengan masyarakat.

    Apa yang kami lakukan ini juga bertujuan untuk memberikan contoh kepada para anggota lainnya untuk selalu ada bagi masyarakat yang membutuhkan, seperti yang tercantum dalam butir 8 wajib TNI yang berbunyi "Menjadi Contoh Dan Mempelopori Usaha-usaha Untuk Mengatasi Kesulitan Rakyat Sekelilingnya, " pungkasnya.

    Laili Amsar selaku Geuchik Gampong Sukajadi Makmur yang melihat kegiatan tersebut mengapresiasi anggota Kodim 0104/Atim yang telah membantu Nek Saniah yang sudah sepuh itu. Bapak-bapak TNI itu dengan penuh kasih sayang membantu Nek Saniah seperti ibu kandungnya sendiri.

    Sementara Dandim 0104/Atim Letkol Inf Agus Al Fauzi, S.I.P., M.I.Pol, menuturkan, bahwa apa yang telah dilakukan anggotanya itu semata-mata ikhlas.

    "Ikhlas lah yang menjalankan tugas. Menolong ke sesama itu kewajiban kita semua, " tutupnya.

    Komsos Sosial Pengabdian Kepada Masyarakat
    Kusdiyono

    Kusdiyono

    Artikel Sebelumnya

    Kabid Humas Polda Banten Jelaskan Perkembangan...

    Artikel Berikutnya

    Kontak Tembak Satgas Gakkum TNI-Polri, Dua...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Babinsa Banjarangkan Kawal Vaksinasi Rabies
    Imigrasi Kelas II Non TPI Kerinci Gelar Rapat Tim Pengawasan Orang Asing
    Letkol Alzaki bersama Ny Mira Alzaki Letakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Baru Persit KCK Cabang LXVII Kodim 1311/Morowali
    Sukseskan Pelaksanaan Pilkada Jateng, Pengurus Ponpes Darul Amanah Dukung Irjen Ahmad Luthfi Jadi Gubernur
    Gubernur Al Haris: Kerja Sama Pemprov dengan TVRI Terus Ditingkatkan, Promosikan Potensi Daerah, Cerdaskan Anak Bangsa

    Ikuti Kami