Tony Rosyid: 7 Mei Hari Kelahiran Anies Baswedan, Bangsa Ini Menunggu Pengabdianmu

    Tony Rosyid: 7 Mei Hari Kelahiran Anies Baswedan, Bangsa Ini Menunggu Pengabdianmu
    Anies Baswedan, PhD

    JAKARTA - Setiap tanggal 7 mei, masyarakat Indonesia selalu mengucapkan Selamat Ulang Tahun kepada Anies Baswedan. Hari ini, orang mengucapkan selamat Ultah Pak Gubernur. Dua tahun lagi mungkin akan ada banyak orang mengucapkan Selamat Ulang Tahun Pak Presiden ke-8.

    Takdir tak ada yang tahu. Semua bisa terjadi. Tidak hanya layak, tapi banyak yang membaca Anies punya tanda-tanda untuk menjadi orang nomor satu di Indonesia.

    Lepas dari takdir yang akan terjadi di 2024, lelaki yang dilahirkan di Kuningan Jawa Barat 7 Mei 1969 dan besar di Jogjakarta ini telah mendedikasikan hampir seluruh hidupnya untuk bangsa ini.

    Diawali sebagai ketua osis se-Indonesia (1985), lalu jadi duta pelajar Indonesia di Milwaukee Wisconsin Amerika dalam program pertukaran pelajar (1987), kemudian menjadi ketua Senat UGM (Universitas Gajahmada Jogjakarta) tahun 1992.

    Selesai S3 di Amerika (2004), Anies Baswedan membuat gerakan di bidang pendidikan. Tahun 2009, Anies mendirikan organisasi bernama "Indonesia Mengajar". Anies mengumpulkan para generasi muda terbaik sebagai volountir untuk mengajar anak-anak Indonesia di daerah-daerah terpencil, daerah yang jauh dari jangkauan peradaban bangsa Mereka adalah anak-anak negeri ini yang kurang beruntung karena tak tertersentuh oleh program pemerataan pendidikan. Dengan "Indonesia Mengajar", Anies hadir untuk ikut andil dalam program mencerdaskan anak bangsa. Dan ini bagian dari cita-cita kemerdekaan. 

    Tidak sampai di situ, tahun 2013 Anies Baswedan yang juga mantan direktur riset "The Indonesia Institute" ini juga mendirikan organisasi "Turun Tangan". Sebuah yayasan non Profit yang bergerak di bidang pendidikan, politik, sosial kemanusiaan, kesehatan dan lingkungan. Anies mengajak kepada semua orang baik di negeri ini untuk ikut mengambil peran membantu masyarakat mengatasi problem sosial, politik, pendidikan, kesehatan dan lingkunganya, dan mendorong bangsa ini menunaikan cita-cita kemerdekaannya. 

    Di usia 38 tahun, tepatnya 15 Mei 2007, Anies Baswedan diberikan amanah menjadi Rektor Paramadina. Di usia yang masih sangat muda ini, cucu Abdurrahman Baswedan memimpin sebuah universitas yang cukup punya nama besar di Jakarta.

    Di tahun 2014 Anies diberi tugas oleh pemerintah untuk mengurusi bidang pendidikan di Kemendikbud. Tiga tahun kemudian, tepatnya tahun 2017, Anies didaulat untuk mengurus Ibu Kota Jakarta. Satu periode di bawah kepemimpinan Anies, Ibu Kota Jakarta telah mengalami banyak perubahan dan semakin dikenal oleh dunia. Sejumlah program terobosan telah membuat Jakarta tampil beda dari sebelumnya, bahkan berbeda dari kota-kota yang lain. 

    Atas semua yang dilakukannya untuk bangsa dan kemanusiaan ini, majalah Firesight Jepang menobatkan Anies sebagai satu dari 20 tokoh berpengaruh di dunia (2010). 

    Dengan rekam jejak yang cemerlang ini, banyak masyarakat yang berharap di tahun 2024 Anies bersedia mengambil amanah yang lebih besar untuk memimpin bangsa ini, melengkapi pengabdiannya kepada negeri bernama Indonesia. 

    Track record Anies dengan semua dedikasinya, hasil kerja dan prestasinya, pengalaman dan kematangannya, baik ketika berada di luar pemerintahan maupun di dalam struktur pemerintahan menumbuhkan ekspektasi rakyat kepadanya untuk memimpin dan membawa bangsa ini semakin optimis menunaikan cita-cita kemerdekaan, mimpi dan harapannya di masa depan.

    Selamat Ulang Tahun Pak Anies Baswedan, bangsa ini bangga memiliki orang sepertimu. Semoga selalu ada ruang yang semakin luas untukmu dalam mendedikasikan hidup kepada bangsa dan negeri ini, negeri Indonesia. Indonesia butuh orang sepertimu. 

    Banjarnegara, 7 Mei 2022.

    Tony Rosyid
    Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa

    Tony Rosyid Anies Baswedan
    Ernest Hendri

    Ernest Hendri

    Artikel Sebelumnya

    Kejagung RI Himbau Hari Pertama Masuk Kerja...

    Artikel Berikutnya

    Irwan Fecho: Rekayasa Lalu Lintas Kunci...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Syafruddin Adi

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 260

    Postingan Tahun ini: 1203

    Registered: May 24, 2021

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono verified

    Postingan Bulan ini: 257

    Postingan Tahun ini: 1855

    Registered: Jul 16, 2020

    Maskuri

    Maskuri

    Postingan Bulan ini: 141

    Postingan Tahun ini: 243

    Registered: Mar 10, 2022

    Basory W

    Basory W

    Postingan Bulan ini: 119

    Postingan Tahun ini: 523

    Registered: Oct 11, 2021

    Profle

    REPLIZAR

    Cara Estafet, Prajurit Satgas TMMD Reg 113 Kodim Klaten Langsir Material Batu Kali 
    Prajurit TNI Kodim Klaten dan Warga Nanggulan Turunkan Material Dengan Strategi Tempur
    Excavator dan Bulldozer pilihan Kades Nanggulan dalam Meratakan Jalan Sasaran Pokok TMMD Reg.113 
    Swasembada Pangan, Babinsa Manisrenggo Tingkatkan Ketahanan Pangan Perawatan Tanaman Jagung

    Follow Us

    Recommended Posts

    Satgas TMMD Kodim 0811 Tuban Edukasi Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Ke Petani Kaligede
    Rehab Masjid Satgas TMMD ke-113 Kodim 1005/Barito Kuala Masuk Tahap Pengecatan
    Simpatisan SS-AK Kecewa, Jalan Lintas Doidoi ke  Bulobulo dan Gattareng Rusak Parah
    Jelang Kunjungan Pangdam XIV Hasanuddin, Dandim 1410 Bantaeng Pimpin Apel Kesiapan Personil
    Wisuda Mahasantri Ma'had Aly Pondok Pesantren DDI, Ini Titipan Pesan Bupati Barru !